Penggunaan HP Pada Anak Kecil


Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa sekarang ini hampir disetiap kegiatan manusia selalu dibantu menggunakan teknologi. Ditambah lagi dengan keadaan tekonologi yang selalu berkembang dan berinovasi di setiap harinya membuat manusia sangat bergantung dengan teknologi dan juga dengan adanya keberadaan teknologi ini dapat mempermudah kelangsungan hidup manusia. Contoh sedehana dari teknologi yang membantu mempermudah kelangsungan hidup manusia adalah berkomunikasi. Jika pada zaman dahulu ketika kita mau berkomunikasi dengan saudara yang jauh kita harus menggunakan surat. Tentunya dengan menggunakan surat ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk sampai kepada saudara yang kita tuju. Namun dengan adanya teknologi ini membuat komunikasi antar manusia yang jauh terasa begitu dekat dan tidak membutuhkan waktu yang lama seperti surat.

Dengan mempermudah hidup manusia maka penggunaan teknologi khususnya hp ini cendrung banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik itu orang dewasa, anak muda, maupun anak kecil. Namun selain memberikan dampak positif yaitu mempermudah kelangsungan hidup manusia hp juga dapat memberikan dampak negative salah satunya seperti pornografi, kecanduan game pada anak kecil, dan masih banyak lagi. Dengan dampak negative ini diharapkan pengguna hp ini lebih berhati hati dalam menggunakan hp agar dampak negatif dari hp ini dapat diminimalisir khususnya bagi anak kecil.

Anak kecil memang memiliki sifat cendrung meniru apa yang mereka liat maupun dengar dari kedua orang tuanya. Contoh jika kedua orang tuanya sering sekali menggunakan hp dalam kehidupannya maka secara otomatis anak anda akan mulai belajar sedikit demi sedikit mengenai hp dari tingkah laku orang tuanya saat menggunakan hp. Tidak ada masalah jika anak anda yang masih kecil menggunakan hp namun akan menjadi masalah jika anak yang masih kecil anda mulai kecanduan hp yang akan membuat anak anda menjadi malas. Tentunya hal itu tidak mau terjadi pada anak anda maka dari itu anda sebagai orang tua harus dapat memperhatikan penggunaan hp pada anak anda yang khusunya anak anda yang masih kecil.

Semakin banyak jenis hp yang bermunculan ditambah dengan berbagai fitur pendukungnya yang sudah ada dipasaran membuat para penggunanya khususnya anak kecil nyaman sekali saat menggunakanya. Namun saat anda akan memberikan hp ini kepada buah hati anda maka anda harus memperhatikan kegunaan dan juga spesifikasi hp yang anda akan berikan. Lebih baik anda memberikan hp yang memang di desain khusus untuk anak kecil atau di dalam hp tersebut terdapat fitur fitur yang mendukung edukasi bagi anak anda seperti ada aplikasi berhitung, membaca, maupun mewarnai.

Jangan pernah anda untuk melarang anak anda untuk tidak menggunakan hp karena anak anda pastinya akan mencuri curi waktu untuk menggunakan hp ketika anda sedang tidak ada. Maka dari pada itu lebih baik anda sebagai orang tua membatasi anak anda dalam menggunakan hp atau anda juga dapat memberikan suatu kegiatan setelah kegiatan itu beres maka anda akan memberikan hadiah yaitu memberikan waktu untuk anak anda menggunakan hp tetapi waktu penggunaan hpnya tetap dibatasi.


Memang ketika kita membahas tentang anak yang kecanduan menggunakan hp tentunya akan membahas juga peran orang tua. Disini diharapkan orang tua dapat menimbang dampak negatif dan positif dari penggunaan hp bagi buah hati anda yang masih kecil. Jika memang anak anda belum membutuhkan hp maka sebaiknya anda tidak usah memberika hp tersebut tanpa disuruhpun dimasa depan nanti anak anda akan meminta ketika anak anda memang membutuhkannya.  

Semoga informasi ini sangat bermanfaat khususnya bagi para orang tua yang akan memberikan fasilitas ponsel terbaik maupun hp terbaik bagi buah hati anda yang masih kecil .



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penggunaan HP Pada Anak Kecil"

Posting Komentar